Jumat, 05 April 2013

MANFAAT RAMBUT MANUSIA SBG BAHAN OTOMOTIF

Setahun yang lalu saya melihat betapa banyaknya potongan rambut manusia dari bekas limbah tukang potong rambut (salon) yang masih belum dimanfaatkan seluruhnya. Baru sebagian kecil yang telah memanfaatkan potongan rambut, seperti untuk sanggul, sambungan rambut dan asesoris yang biasanya masih terbatas pada potongan rambut yang cukup panjang. Sedangkan potongan rambut dengan ukuran yang relative pendek mayoritas masih berupa limbah yang belum banyak dimanfaatkan. Limah potongan rambut manusia dalam ukuran yang pendek-pendek itulah yang menginspirasi aku untuk melakukan penelitian.
Penelitian saya ajukan ke DIKTI pada Program Multi Tahun Hibah Bersaing pada bulan Mei 2011 yang lalu melalui LEMLIT (Lembaga Penelitian) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) karena posisi saya sebagai dosen di UNIMUS. Setelah melalui beberapa tahapan evaluasi, mulai dari desk evaluation dan presentasi pemaparan proposal di depan para pakar peneliti di Hotel Metro Semarang pada bulan Desember 2011, Alhamdulillah akhirnya pada hari ini proposal saya dengan judul “Pengembangan Bahan Alternatif Interior dan Eksterior Otomotif dengan Limbah Rambut Manusia” disetujui dan memperoleh dana penelitian dari Kemdiknas DIKTI. Informasi lengkapnya dapat anda lihat di Koperties Wilayah VI Jawa Tengah di sini dan hasil Pengumuman Penelitian Multi Tahun Hibah Bersaing dapat di download di sini.
Rencana penelitian akan saya lakukan dalam dua tahun, pada tahun pertama saya akan mencari mechanical properties material komposit dengan penguat serat rambut manusia. Dari hasil penelitian pada tahun pertama itulah akan saya jadikan acuan untuk pembuatan komponen kendaraan (mobil) dalam bentuk propotype seperti bumper, corner dan dashboard untuk tahun berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar