Senin, 01 April 2013

APAKAH TAHUN CAHAYA ITU ???

Huwaaa!!!! terkahir aku nulis postingan ternyata 17 April 2012, seminggu yang lalu :D wkwkwk lama bangeeettt., yaah maklumlah suasana kerjaan gak menentu :D , akhirnya baru skrang bisa nulis, :D . Uda perna denger kata2 ini beon? hm.., tau gak tau., silahkan baca deh buat nambah pengetahuan kita :D .
Tahun cahaya adalah cara mengukur jarak. Sebenarnya definisi ini aneh karena tahun cahaya memuat kata tahun yang biasanya digunakan untuk satuan waktu. Walaupun begitu, tahun cahaya digunakan untuk mengukur jarak, benar2 aneh :D .
Kita biasanya menggunakan ukuran meter/kilometer/inchi/kaki dll untuk mengukur jarak. Hal ini tergantung dimana kita bertempat tinggal. Kita tahu panjang satu meter, satu kilometer, satu inchi atau satu kaki dan terbiasa dengan satuan ini karena kita sering menggunakannya. Hal ini menarik, karena menambah pengetahuan tentang jarak. Ok mari kita mulai :D

Gimana Ceritanya?

Giniiii., karena para astronom menggunakan teleskop untuk melihat bintang-bintang, persoalan menjadi lain karena jaraknya yang jauh. Sebagai contoh, bintang terdekat dari bumi (selain matahari) kira-kira berjarak 24.000.000.000.000 mil (39.000.000.000.000 km) . Bintang ini adalah bintang terdekat. Beberapa bintang berada pada jarak yang jauhnya bermilyar-milyar kali lebih jauh. Ketika kita sudah berbicara tentang jarak yang jauh, satuan mil atau kiometer bukan merupakan satuan jarak yang praktis untuk digunakan karena angka-angkanya yang sangat besar. Tak seorangpun ingin menulis atau mengucapkan angka-angka yang terdiri dari 20 digit angka bahkan lebih wkwkwkwkwk :D , kuat2-nya orangnya aja yang ngomong wkwkwkwk :D
Jadi, untuk mengukur jarak yang sangat jauh, orang menggunakan satuan lain yang disebut Tahun Cahaya. Cahaya melaju pada kecepatan 186.000 mil/detik (300.000 km/detik). Untuk itu, satu detik cahaya sama dengan 186.000 mil (300.000 kilometer). Tahun Cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun, gak ngeh? gini perhitungannya :D :
jadi :
186.000 mil/detik x 60/detik x 60 menit/jam x 24 jam/hari x 365 hari/tahun = 5.865.696.000.000 mil/tahun.
Satu Tahun Cahaya sama dengan :
5.865.696.000.000 mil = 9.460.800.000.000 kilometer
Huwaaaa!!!!!! juauuuuuhnyaaaa!!! (ekspresi shock, lebaaay wkwkwkw :D ) . Menggunakan satuan cahaya sebagai pengukur jarak mempunyai keuntungan lain, yaitu membantu menentukan usia, lho? kok bisa? gini ceritanya :
Misalnya, sebuah bintang jaraknya 1 juta tahun cahaya, berarti cahaya dari bintang itu telah berjalan dengan kecepatan cahaya untuk mencapai kita. Untuk itu, cahaya bintang membutuhkan 1 juta tahun untuk sampai kesini, dan cahaya yang kita lihat adalah cahaya yang telah tercipta  1 juta tahun yang lalu, woowwww!! kereeeennn!!!! :D . Jadi bintang yang sedang kita lihat pada malam hari saat ini adalah bentuk dari bintang 1 juta tahun yang lalu, bukan bentuk bintang pada saat ini.
Dengan cara yang sama, matahari kira2 berada pada jarak 8 menit cahaya jauhnya, berapa itu? ya hitung aja ndiri :P :D . Jadi misalnya matahari tiba2 meledak (kagak pengen :( ) pada saat ini, kita tidak akan mengetahuinya selama 8 menit, karana itu adalah waktu yang dibutuhkan sinar ledakan untuk sampai ke bumi kita :(

Nanodetik cahaya?

Nanodetik cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya selama sepermilyar detik, yaitu kira2 satu kaki (30 centimeter) . Radar menggunakan cara ini untuk mengukur seberapa jauh suatu benda seperti pesawat. Antena radar mengirimkan getaran radio pendek, kemudian menunggu gema pesawat tersebut atau obyek lain. Sementara menunggu, radar menghitung jumlah nanodetik yang lewat. Gelombang radio berjalan pada kecepatan cahaya. Jadi, jumlah nanodetik yang dibagi 2 memberitahukan unit radar seberapa jauh jarak suatu objek.
Ooowww begitu toh? udah ngerti kan sekarang? :D . Moga bisa nambah pengetahuan kita smua , keep writing :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar