Jumat, 05 April 2013

BAHAN DASAR PEDANG SAMURAI

Pedang Samurai adalah sebuah pedang yang sampai saat ini menjadi perebutan dikalangan pebisnis karena harga jual pedang ini semakin melambung tinggi.
Keutamaan yang dimiliki dari sebuah pedang samurai ini adalah kekuatan dan keampuhan yang sangat luar biasa.
Pedang Samurai mampu untuk memotong atau menebas sebatang besi, ini merupakan bukti nyata bahwa Pedang Samurai memiliki sifat mekanis (mechanical properties) yang baik.
Lalu, apakah yang menjadi rahasia kekuatan pedang samurai tersebut?
Salah satu pendukung kekuatan pedang samurai adalah bahan atau material yang diaplikasikannya.
Material penyusun pedang samurai ada yang mengatakan berasal dari bijih besi murni atau yang terkenal dengan tamahagane.
Tamahagane diartikan sebagai permata baja yang memiliki perpaduan antara baja keras dan lunak.
Baja dengan kandungan Carbon yang tinggi akan memiliki sifat keras dan tajam.
Sedangkan baja dengan kandungan Carbon yang lebih sedikit akan bersifat lunak dan ulet.
Material pedang samurai memang dikondisikan memiliki sifat keras, tajam, ulet dan tidak mudah patah.
Nah, untuk memenuhi sifat yang diinginkan itu maka harus dipadukan beberapa material dengan sifat-sifat yang diinginkan tersebut.
Pada bagian dalam pedang dikondisikan material bersifat lunak dan ulet sehingga yang dibutuhkan adalah baja dengan kandungan Carbon yang sedikit.
Sedangkan pada bagian luar yang harus bersifat keras dan tajam maka harus digunakan baja dengan kandungan Carbon yang tinggi.
Setelah ditemukan material dengan spesifikasi yang sudah sesuai lalu beberapa material tersebut disatukan menjadi satu dengan proses pemanasan.
Setelah beberapa material dengan sifat yang berlainan tersebut sudah menyatu tentu material pedang samurai akan bersifat tajam dan keras akan tetapi juga bersifat lentur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar